.::Selamat Datang Di Blog Ini..Semoga Bermanfaat::.

Konsep Sistem Multi Agent

Senin, 17 September 2012

Hai,,,setelah menyelesaikan KKN yang begitu melelahkan dan mengesankan, dan sekarang cged mesti kembali ke dunia yang sebenarnya yaitu dunia dimana kita menuntut ilmu. Pada semester 7 ini saya mengambil beberapa mata kuliah pilihan dan penting, antara lain JST, Mobile Computing, Administrasi dan Desain Jaringan, Analisis Perancangan SI. Masalah lain pun muncul antara lain dengan adanya KP atau Kerja Praktik dan juga prokus yang ternyata harus membantu pekerjaan dosen atau prodi, disusul dengan TA 1 yang mengharuskan mahasiswa untuk menyeminarkan judul dari skripsi yang akan di ambil,,, "lengkap sudah" :)

Dari mata kuliah ADJ dan mobile computing muncul sesuatu yang baru, yaitu tentang  Multi Agent System. Seperti apa bentuk dan konsepnya, mari kita cari tau bersama,,, :)

Kami mengambil beberapa sumber untuk kami postkan kembali dengan bahasa kami sendiri, antara lain dari edisugiarto.blogspot.com yang mempunyai konsep seperti berikut.

Pertama saya mulai dari sejarah komputer. Sejarah komputer hingga saat ini telah ditandai oleh lima hal penting antaralain : ubiquity, interconnection, intelligence, delegation, and humand orientation. Dengan ubiquity maka akan terjadi penurunan terus-menerus dalam biaya komputasi, hal ini dimungkinkan dengan kemampuan pemroses yang semakin meningkat serta pemroses yang memungkinkan untuk bekerja pada perangkat-perangkat yang untuk ukuran saat ini bisa dikatakan tidak ekonomis. Sementara pada generasi awal pertumbuhan komputer, sistem tsb terisolasi dan hanya berkomunikasi sebatas dengan operator manusia, sistem komputer saat ini biasanya saling berhubungan satu sama lain ke dalam jaringan sistem distribusi yang besar. Internet misalnya, hal ini menjadi semakin langka untuk menemukan komputer yang digunakan secara komersial maupun akademis yang tidak memiliki kemampuan untuk mengakses Internet.

Trend selanjutnya adalah kecenderungan sistem yang semakin cerdas, dengan ini berarti bahwa kompleksitas tugas yang mampu kita otomatisasikan dan delegasikan ke komputer juga semakin berkembang. Dengan kemampuan komputer untuk mengotomatisasikan tugas manusia kecenderungan selanjutnya adalah semakin meningkatnya delegasi. Sebagai contoh delegasi  untuk sistem komputer untuk piloting pesawat, dalam hal ini memang penilaian dari sebuah program komputer dipercaya bahkan oleh pilot yang berpengalaman.delegasi mengartikan bahwa kita memberikan kendali ke sistem komputer tsb. Trend yang terakhir adalah mulainya perubahan paradigma dari pemrograman berorientasi mesin terhadap konsep dan metafora yang lebih dekat mencerminkan cara pandang kita sendiri dalam memahami dunia. Trend ini terlihat di setiap cara manusia memandang komputer.

Konsep Software Agent

Konsep agent sebenarnya sudah lama dikenal dalam bidan AI, menurut Nwana [Nwana, 1996] dalam Romi SW[2] konsep agent ini diperkenalkan oleh seorang peneliti bernama Carl Hewit dengan Concurrent Actor Modelnya pada 1977. dalam modelnya tersebut hewit mengemukakan teori tentang suatu objek yang dia sebut sebagai Actor. Actor tersebut menurut hewit dapat mempunyai karakteristik menguasai dirinya sendiri, interaktif dan dapat merespon pesan yang datang dari objek lain yang sejenis. Dari penelitian yang berhubungan dengan hal tersebut kemudian lahirlah cabang ilmu besar yang merupakan turunan dari AI yaitu Distributed Artificial Intelligence (DAI), yang diantaranya membawahi Multi Agent System (MAS).
Karakteristik Agent
Agent memiliki karakteristik yang dapat menbedakan antara agent satu dengan yang lain, dalam Romi SW[2] secara garis besar karakteristik yang dimiliki oleh agent antaralain :
  • Autonomy

Agent dengan karakteristik ini memiliki sifat yang mandiri, dan tidak dipengaruhi secara langsung oleh user, agent lain, atau lingkungan.
  • Intelligence, Reassoning, dan Learning

Suatu agent harus memiliki Intelligence atau kecerdasan agar dapat dinamakan agent, dalam konsep ini kemampuan suatu agent yang harus dimiliki antaralain : internal knowledge base, kemampuan reasoning, dan kemampuan learning.
  • Mobility

Agent mampu bergerak atau mobile untuk melakukan tugas.
  • Delegation

Agent dibuat dengan tujuan menjalankan tugas yang diperintahkan oleh user, karakteristik ini merupakan yang utama dalam suatu program yang disebut agent.
  • Reaktivity

Kemampuan agent yang lain adalah reaktiv atau kemmpuan untuk cepat beradaptasi terhadap perubahan informasi yang ada pada lingkungan.
  • Proactiove dan Goal Oriented
  • Communication

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Pengikut

Waktu Sholat Kebumen

Pengunjung