.::Selamat Datang Di Blog Ini..Semoga Bermanfaat::.

Pengertian dan Jenis CAPTCHA

Sabtu, 16 Juni 2012

Ujian tentang kamanan jaringan telah usai, daripada materinya mubadzir mending di upload aja yah,,hihihi
Kali ini materi yang akan di share adalah mengenai CAPTCHA, yups, pasti kalian sudah sering menjumpai apa yang namanya CAPTCHA ini, misalnya pada saat kalian mau nge-posin komentar seperti di bawah, pasti kalian akan menjumpainya. Cukup kan intronya, lebih jelasnya baca artikel berikut.

Completelly Automated Public Turing Test to Tell Computer and Humans Apart (CAPTCHA) merupakan uji turing publik terotomatisasi untuk membedakan antara komputer dan manusia. Atau dengan kata lain captcha merupakan bentuk uji tantangan – tanggapan yang digunakan dalam komputer untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh komputer, tapi dijawab oleh manusia.

Captcha digunakan untuk mencegah software otomatis (bot) untuk melakukan tindakan atas nama manusia yang sebenarnya. Tujuan utama dari Captcha adalah memberikan uji tes yang mudah di jawab oleh manusia, tapi tidak bisa dijawab oleh komputer.

Reverse Turing Test
Merupakan suatu metode pengujian untuk membedakan antara manusia dan program komputer yang diotomatiskan (robot). Captcha merupakan salah satunya. 

Reverse turing test memiliki kriteria berikut :
- Tes dibuat secara otomatis.
- Tes sangat mudah digunakan oleh user manusia, yaitu tes yang dihasilkan harus mudah dipecahkan olehuser manusia.
- Tes sangat sulit untuk digunakan oleh program komputer. Kecil kemungkinan untuk menebak jawaban dengan tepat.

Tipe – tipe Captcha 
1. Hard Recognizing Text.
Captcha berupa teks yang sulit dikenali, di acak bentuknya, dengan warna yang beragam dan berbagai teknik untuk mempersulit aplikasi / mesin mengenalinya. Contoh :

2. Pattern Matching.

Captcha jenis ini meminta user untuk memilih gambar yang sesuai dengan kata yang diharapkan, atau mencocokkan gambar yang sejenis.

3. Sound recognition.
Captcha yang menggunakan suara atau voice, merupakan versi captcha untuk mereka yang memiliki kelemahan dalam penglihatan.

Alur Kerja Captcha


Daftar Pustaka
Riadi, Imam.2008.”Optimalisasi Keamanan Website Menggunakan Captcha ”. Program Studi Ilmu Komputer Universitas Ahmad Dahlan:Yogyakarta.
http://www.kasurkotor.com/2010/08/apa-itu-captcha-dan-bagaimana-cara-kerja-captcha/
http://10507276.blog.unikom.ac.id/rahasia-dan-sistem.351#
http://id.wikipedia.org/wiki/CAPTCHA
http://www.google.com/recaptcha/demo/


Regards       _
Ahmad Syihab Husin 
08650013      _
TIF UIN SUKA 2012

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Pengikut

Waktu Sholat Kebumen

Pengunjung