.::Selamat Datang Di Blog Ini..Semoga Bermanfaat::.

Tentang TinyOS

Selasa, 05 Juni 2012

Lagi-lagi sibuk dengan apa yang di namakan TA (Tugas Akhir), biasalah tugas yang harus dikerjakan sebelum UAS melanda, dan untuk kali ini memang tak kira-kira (piss pak).

Tugas kali ini adalah tentang tinyOS, bagi kamu yang belum tau mengennai apa itu TinyOS bila langsung meluncur ke web aslinya, untuk memudahkan klik disini

Sedikit tentang tinyOS, akan dibahas juga disini, langsung saja ya..

TinyOS merupakan sistem operasi open-source yang didesain khusus untuk jaringan sensor nirkabel. TinyOS memiliki arsitektur berbasis komponen yang mendukung adanya inovasi dan implementasi jaringan sensor nirkabel dengan meminimalisasi ukuran kode yand dibutuhkan sebagaimana karakteristik jaringan sensor yang memiliki sedikit memori. Komponen librari TinyOS terdiri dari protokol jaringan, layanan distribusi sensor, driver sensor, dan software pengamatan data sensor yang dapat digunakan untuk melakukan monitoring jaringan sensor.

Tidak seperti sistem operasi seperti pada umumnya, tinyOS merupakan sebuah perangkat lunak dalam bentuk kerangka kerja yang digunakan untuk sistem yang saling terikat (embedded system) dan untuk mengatur komponen untuk membangun aplikasi jaringan sensor nirkabel. TinyOS didesain untuk tidak memiliki file-system, hanya mendukung alokasi memori statik, mengimplementasikan pemodelan fungsi sederhana, serta menyediakan perangkat dan abstraksi jaringan yang minimal.

  • Stuktur Direktori TinyOS

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa TinyOS tidak memiliki file-system, dan dapat di install pada linux atau menggunakan emulator linux yang yang bekerja di widows seperti cygwin. Struktur TinyOS terdiri dari 4 direktori seperti pada gambar berikut.



Berikut ini penjelasan mengenai struktur direktori pada tinyOS.

- apps : direktori ini berisi contoh program aplikasi jaringan sensor nirkabel.
contrib : direktori ini berisi program sistem pengembangan tinyOS dari berbagai platform. Contohnya crossbow, cotsbots, smac, dll.

-tools : direktori ini berisi aplikasi lain yang digunakan untuk berinteraksi dengan jaringan sensor, contohnya java untuk monitoring jaringan sensor secara grafis dan matlab untuk komputasi data jaringan sensor, dll.

- doc : berisi tutorial mengenai TinyOS.

- tos : berisi komponen pemrogaman jaringan sensor pada tinyOS seperti library, interface, sensorboards, types, platform, dan system.

  • Aplikasi pada TinyOS

TinyOS menyediakan beberapa aplikasi yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan sensor nirkabel. Adapun beberapa contoh aplikasi dalam tinyOS adalah :

1. Aplikasi Sensing

- Sense : merupakan aplikasi yang digunakan untuk membaca hasil sensor dalam hal ini melakukan pembacaan ADC (Analog to Digital Convertion)

- Surge : melakukan pembacaan sensor ADC dan mendukung komunikasi multihop.

- TASKApp : melakukan pembacaan sensor dan memasukkannya ke dalam database pada server. Aplikasi ini dapat melakukan kalkulasi pada data yang di baca.

- Oscilloscope : aplikasi pada sensor untuk mengirimkan pembacaan sensor (cahaya) dan dapat ditampilkan secara grafis menggunakan Java.

2. Aplikasi Umum

- TOSBase : merupakan aplikasi yang diterapkan pada sensor yang akan menjadi gateway / sink pada jaringan sensor.

- CntToLedsAndRfm : melakukan perhitungan (Counter) dalam 3 bit, menampilkan perhitungan tersebut pada LED sensor dan mengirimkan secara broadcast.

- RfmToLeds : merupakan aplikasi yang menerima pembacaan pada kanal radio dan menampilkannya melalui LED sensor.

- SimpleCmd : merupakan aplikasi yang digunakan agar user dapat mengirimkan perintah tertentu kepada sensor secara live.

- Blink : aplikasi yang melakukan perhitungan dalam 3 bit dan menampilkannya pada LED sensor.

  • Konsep pemrogaman tinyOS/nesC

Konsep pemrogaman dalam tinyOS/nesC berupa konsep pemrogaman berbasis komponen. Komponen2 yang telah ada saling dikaitkan sehingga membentuk sebuah aplikasi yang dapat diintegrasikan kedalam perangkat guna menjalankan fungsi jaringan sensor. Berikut ini penjelasan mengenai aplikasi, komponen, dan bagian lain yang ada di dalamnya.

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa untuk membangun sebuah program aplikasi pada tinyOS diperlukan beberapa komponen penyusun. Komponen dalam hal ini dapat diklasifikasikan dalam dua hal, yaitu module dan configuration. Module merupakan satu komponen yang memiliki fungsi spesifik tertentu dan confuguration merupakan komponen yang terdiri dari banyak module untuk menjalankan proses secara global. Antara masing - masing komponen dihubungkan oleh interface.


sumber : http://yuanasblog.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Pengikut

Waktu Sholat Kebumen

Pengunjung