.::Selamat Datang Di Blog Ini..Semoga Bermanfaat::.

open BTS ala Ono W Purbo

Selasa, 21 Februari 2012

Jakarta - Masih penasaran dengan Open BTS ala Onno Purbo? Bagi Anda yang tinggal di Yogyakarta atau sekitarnya mungkin bisa menyambangi Jagongan Media Rakyat 2012 (#JMR2012) pada 23-25 Februari 2012 mendatang.

Ya, di acara ini ICT Watch akan membuka 6 kelas workshop/diskusi. Dimana salah satu kelas unggulan adalah workshop 'Open BTS' yang merupakan pertama kalinya Onno W. Purbo akan mengenalkan teknologi telekomunikasi digital berbasiskan open source tersebut langsung ke masyarakat umum.

Kelas unggulan lain di acara yang bertempat di kampus STPMD 'APMD' Yogyakarta tersebut adalah kelas 'Social & Online Media'. Yakni membahas bagaimana memproduksi dan mengukur konten lokal yang laris manis.

Kelas ini akan menghadirkan antara lain Budiputra (blogger, ex Country Editor Yahoo Indonesia), Pakdhe Senggol (Pengelola akun @jogjaupdate), Heru Tjatur (CTO ICT Watch, ex VP Detikcom) dan Yana Noviadi (Kepala Desa Mandalamekar) yang sangat akrab dengan dunia online.

Bagi pemerhati gerakan perempuan, ada pula kelas 'ICT4Women' yang akan kritis mengulas maraknya program ICT untuk perempuan. Apakah sebagai upaya pemberdayaan ataukah justru memperdaya? Ada 5 aktifis perempuan yang akrab dengan teknologi dan berkompeten di bidangnya akan berbagi kisah dalam kelas ini.

Masih di #JMR2012, bersama dengan teman-teman Akademi Berbagi (Akber) Jogja, digelar pula kelas Akber Jogja yang akan mengulas isu menarik, 'Click Activism, Kepedulian Alakadarnya?'.

Di kelas ini juga akan diluncurkan dan diulas sekilas buku hasil alih bahasa '10 Tactics: Turning Information into Action' yang dapat digunakan sebagai materi pelatihan unik bagi blogger, aktivis informasi dan pewarta warga di daerah masing-masing.

Adapun bagi orangtua ataupun guru yang khawatir dengan dampak negatif Internet bagi anak atau muridnya, telah disiapkan kelas 'Internet Sehat'. Di kelas ini, peserta akan mendapatkan pemahaman tentang bagaimana mengenalkan internet pada anak-anak atau murid sedini mungkin.

Selain itu akan didemokan pula cara menggunakan parental software untuk membatasi konten negatif di komputer rumah.

Dan kelas yang tak kalah menariknya adalah kelas pemutaran dan diskusi film dokumenter 'Linimas(s)a'. Film dokumenter 45 menit tersebut menggambarkan kekuatan gerakan sosial offline maupun online yang saling beresonansi, bersinergi dan menguatkan secara signifikan. Diceritakan pula pemanfaatan Internet oleh orang biasa untuk melakukan hal yang luar biasa.

Tentu saja selain 6 (enam) kelas di atas, masih banyak pilihan acara-acara lainnya di #JMR2012. Untuk info selengkapnya tentang #JMR2012 dapat diakses di http://jmr2012.combine.or.id/.

#JMR2012 diselenggarakan bersama oleh Combine Resource Institution (combine.or.id), Akademi Pembangunan Masyarakat Desa (apmd.ac.id), Jogja Update (jogjaupdate.com), Blogger Bengawan (bengawan.org), Komunitas Joglo Abang (jogloabang.com) dan ICT Watch.
( ash / fyk )

Sumber : http://inet.detik.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Pengikut

Waktu Sholat Kebumen

Pengunjung