.::Selamat Datang Di Blog Ini..Semoga Bermanfaat::.

Sate Ayam Ambal

Jumat, 10 Februari 2012

Banyak sekali jenis sate yang ada di indonesia, baik itu sate ayam, bebek, kuda, kelinci dan banyak yang lain. dari berbagai macam jenis diatas juga masih di bagi-bagi lagi misalny seperti sate madura, sate  ponorogo, NTT, dll. Tapi disini sebagai warga Ambal saya akan sedikit berbagi pengetahuan tentang sate ambal. Walaupun tidak setenar sate madura namun sate ambal sudah merambah ke luar daerah ambal sendiri, misalnya di Jogjakarta, Jakarta, Purworejo, dll. 
Sate Ambal sendiri banyak di jumpai di daerah pesisir selatan Kabupaten Kebumen, tepatnya di desa Ambalresmi, kecamatan Ambal.
Sang maestro sate ambal yaitu Pak Kasman telah meninggal beberapa taun yang lalu,
namun keturunan beliau banyak yang meneruskan usahanya. di antara pedagang tersebut juga ada Bapak Tino yang sekaligus sebagai kepala desa, Beliau yang pertama membuka warung sate di depan supermarket di kebumen, dan sekarang usaha sate ambal sudah sangat sukses.
Kekhasan dari sate ambal ini terletak di cita rasanya yang khas dan juga unik karena sambalnya  menggunakan campuran tempe kedelai. kekhasan dan keunikan itulah tidak kepalang tanggung pada saat kunjungan kerja Presiden Megawati Soekarnoputri ke Kab. Kebumen, salah satu menu utamanya adalah sate ayam Ambal yang kesohor di wilayah itu. pejabat lain yang pernah merasakan tendangan dari sate ambal adalah mantan Gubernur Jawa Tengah H. Mardiyanto yang  menyempatkan diri berkunjung ke warung di pesisir selatan pantai jawa itu.
       
Jangan takut dengan harganya dan tidak usah khawatir anda akan salah memilih warung sate, karena harga sate ambal sama bagi per 10 tusuk sate. Pada hari-hari biasa umumnya harga per 10 tusuk sate adalah Rp.8.000,-, namun menjelang lebaran ini biasanya ada kenaikan hingga harga Rp. 9.000,- sampai dengan Rp. 10.000,- per 10 tusuk sate.
OK,,bagi para wisatawan yang mau mencoba enaknya sate ambal bisa mampir ke desa ambalresmi, ambal kebumen...

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Pengikut

Waktu Sholat Kebumen

Pengunjung