.::Selamat Datang Di Blog Ini..Semoga Bermanfaat::.

Pengertian Non Volatile RAM

Senin, 05 Maret 2012

Met pagi,, salam hangat ya,,he he
OK sob tulisan kali ini kita akan membahas tentang NV RAM atau Non Volatile RAM. Apa itu NV RAM lang saja lah kita bahas, o ya sebelum masuk ke NV lebih baik kita review ulang apa itu RAM.


RAM adalah kependekan dari Random Access Memory (Memori Akses Acak). RAM merupakan salah satu tipe memori yang biasanya khas digunakan dalam sebuah komputer yang fungsinya untuk menyimpan data yang sifatnya sementara, yaitu ketika komputer sedang aktif (sedang dialiri daya, atau ‘sedang hidup’). Istilah RAM, merujuk pada perangkat keras berupa memori fisik sebagai media penyimpan data yang bersifat sementara pada komputer. Sebelum membahas RAM, untuk lebih jelasnya, berikut ini dibahas lebih dahulu makna istilah memori secara umum dalam pengetahuan komputer.


Ada dua tipe dasar dari memori yang berdasarkan apakah data hilang atau tidak, bila catu daya dipandamkan, istilah asingnya adalah volatile dan non-volatile, dalam istilah indonesia ada yang menterjemahkan sumirna dan tak sumirna. Kedua tipe memori tersebut dijelaskan berikut ini.

  • Volatile memory
- ROM (Read Only Memory- Memori yang datanya sudah diisi oleh pembuat chip memori, artinya user meminta kepada pabrik pembuat memori agar diisi sesuai dengan keinginannya, tentu saja pesanan dalam jumlah yang be­sar.

- PROM (Programmable ROM) - Data hanya sekali saja diisi dengan alat yang dinamakan programmer ROM, setelah itu data tidak dapat diganti atau dihapus lagi.
- EPROM (Erasable Programmable ROM) - Memori yang datanya dapat diisi (dengan programmer) kemudian dihapus kembali dengan bantuan sinaraviolet intensitas tinggi melalui jendela kaca pada chip memori.
-EEPROM (Electricaly Erasable Programmable ROM) - Data pada EEPROM dapat diisi, dihapus atau dirubah secara random dan individual dirangkaian, seperti halnya RAM, tetapi data tetap tersimpan meskipun catu padam. 
-Flash EPROM - Suatu teknologi yang relatif baru, dimana pengisian dan penghapusan data dengan suatu prosedur tertentu, yaitu dengan kom­binasi sinyal kontrol dan tegangan bakar / tegangan tinggi.
  • NVRAM (Non-Volatile Random Access Memory)

NVRAM (Non-Volatile Random Access Memory) merupakan sebuah jenis memori komputer dengan akses acak (RAM) yang umumnya digunakan untuk menyimpan konfigurasi yang dilakukan olehfirmware, seperti BIOSEFI atau firmware-firmware lainnya pada perangkat embedded, semacam router. Umumnya, NVRAM dibuat dengan teknologi manufaktur CMOS (Complimentary Metal-Oxide Semiconductor) sehingga daya yang dibutuhkannya juga kecil. Untuk menghidupinya agar data yang disimpan tidak hilang, NVRAM menggunakan sebuah baterai Litium dengan nomor seri CR-2032.
Data yang tersimpan pada NVRAM tidak akan hilang meskipun catu daya dimatikan (bersifat permanen), hal ini berbeda dengan Voletile RAM.

Upaya dimulai pada akhir 1940-an untuk menemukan non-volatile memory. Jan A. An Wang Rajchman dan akan dikreditkan dengan pengembangan memori inti magnetik, yang akan memungkinkan untuk mengingat memori setelah kehilangan kekuasaan. Memori inti magnetik akan menjadi dominan dalam memori sampai pengembangan berbasis transistor memori pada akhir tahun 1960-an.
  • Jenis RAM


sumber :
http://blog.uad.ac.id/adiwicaksana/
http://www.elektro.undip.ac.id
http://id.wikipedia.org/wiki/NVRAM

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Pengikut

Waktu Sholat Kebumen

Pengunjung