.::Selamat Datang Di Blog Ini..Semoga Bermanfaat::.

Seniman Kebumen Ciptakan Keris Raksasa

Rabu, 28 Maret 2012


KEBUMEN (The Independent News) - Sebagai wujud kebanggaanya terhadap Budaya Indonesia, seorang seniman asal Kebumen berhasil menciptakan sebuah maha karya dengan wujud ukiran keris sepanjang 4,5 m dengan menggunakan kayu jati utuh tanpa sambungan. Keris yang rencananya akan memecahkan rekor muri ini dibuat dengan memakan waktu hingga hampir setengah tahun. sehari-hari rahmat pun dibantu orang tuanya dalam mengerjakan ukiran keris ini guna mempercepat pengerjaanya. Tak tanggung-tanggung untuk memebeli bahan ukiran keris ini saja Rahmat harus merogoh kocek Rp 30 jt, dengan bahan kayu jati per ukuran diameter 1,5 m. Butuh setidaknya 3 orang untuk mengangkat keris ini meskipun belum seutuhnya jadi.

Tidak hanya untuk memecahkan muri, recananya Rahmat juga akan mengikut sertakanya dalam ina craft di Jakarta April mendatang. Ide ini berawal dari keperihatinanya terhadap Bangsa Indonesia yang seolah hampir melupakan senjata tradisioanal ini, setelah dulu menjadi rebutan pengakuan senjata tradisional ini dengan Malaysia namun setelah mendapatkan pengakuan dari UNESCO bahwa keris merupakan senjata trsadisional milik Indonesia, hampir tak ada lagi yang peduli akan keberadaanya.


Rahmat Harianto yang lebih dikenal dengan nama Rahmat Naga ini berharap dengan menciptakan sebuah karya yang mengangkat salah satu kebudayaan Indonesia mampu meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap kebudayaan sendiri selain itu ditambahkan Rahmat juga ingin menunjukan kepada dunia pada pameran nanti, bahwa Indonesia juga memiliki banyak seniman yang handal, kreatif dan berkompeten di bidangnya. (ratih tv)




sumber : http://www.beritakebumen.info

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Pengikut

Waktu Sholat Kebumen

Pengunjung