.::Selamat Datang Di Blog Ini..Semoga Bermanfaat::.

Hape Sebagai Remote Laptop

Jumat, 16 Maret 2012

Pada awalnya saya ingin menjadikan hape saya menjadi pengontrol slide ketika saya akan presentasi. Prinsipnya saya tidak perlu pindah posisi karena harus mengklik mouse, untuk berpindah slide namun hanya dengan memencet tombol di hape saya sudah dapat memindahkan slide tersebut. Enak kan, tapi bisa ga ya??

Setelah saya membuka browser dan kemudian saya tanya om google dan saya nemu laman yang menyajikan cara untuk itu. Langsung aja ya,,

Untuk dapat menjadikan handphone sebagai remote komputer desktop/laptop harus memenuhi spesifikasi berikut :

Handphone : 
• Support Java
• Ada koneksi Bluetooth

Komputer : 
• Memakai sistem operasi “Windows”
• Ada koneksi Bluetooth
Jadi, kita tidak harus membeli remote khusus, namun hanya dengan requirement yang sederhana tersebut kita bisa mengendalikan sebuah komputer sebagai pengganti remote. Kita hanya perlu untuk menginstall 2 aplikasi yaitu satu di komputer sebagai server dan yang kedua di handphone sebagai client. Aplikasi tersebut bernama “Mobile Witch Remote Control”. 

- Untuk komputer, dapat diperoleh di situs resminya, http://mobilewitch.com, atau lebih mudahnya langsung download disini untuk link download pada situs tersebut.
- Untuk handphone, dapat diperoleh di http://getjar.com, atau download disini untuk langsung menuju halaman download. Setelah masuk tinggal klik link download app dan masukkan informasi yang diminta. File yang diunduh berupa file .jar yang siap diinstal di handphone.

Setelah aplikasi tersebut terinstal, segera jalankan ke-2 aplikasi tersebut (di komputer dan handphone). Jangan lupa untuk mengaktifkan bluetoooth masing-masing. Kemudian pada handphone pilih menu “Search for Servers”. Setelah terjadi koneksi diantara 2 device tersebut, pada layar handphone akan muncul halaman menu, yang isinya adalah fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut. Fitur tersebut antara lain:
1. Mouse Mode
Fitur mouse mode mejadikan handphone sebagai pengganti mouse. Jadi kita bisa menggeser kursor selayaknya mouse. Juga dapat untuk menggulung layar (scroll) dan klik kanan & kiri. Pada saat mode ini digunakan, pada layar handphone akan muncul gambar yang ada pada sekitar mouse tersebut. Keren kan? Jadi kita bisa melihat lokasi di sekitar kursor tanpa harus melihat layar komputer.


2. Keyboard Mode
Fitur ini merupakan pengganti keyboard. Namun tidak semua tombol pada keyboard yang dapat digunakan. Misalnya saja tombol 2, 4, 6 dan 8 sebagai pengganti arah, tombol 1 = Enter, 3 = Space Bar, 7 = Tab, 9 = Backspace. Fitur ini sangat berguna bila kita melakukan presentasi memakai program presentasi, kita dapat mengganti slide-slide pada dokumen presentasi dengan mudah.

3. Aplikasi Mode
Pada mode ini dapat untuk mengontrol aplikasi-aplikasi tertentu. Misalnya saja aplikasi yang dapat dikendalikan pada aplikasi ini adalah:
- Explorer
- Firefox
- Windows Media Player
- Internet Explorer
- Winamp
- Powerpoint
- VLC Media Player
Jadi, dengan fitur ini kita jadi mudah untuk melakukan kontrol pada program-program tersebut.

4. Utilities
Pada fitur ini terdapat 2 pilihan, yaitu :
- Run Command : Untuk memasukkan perintah
- Send Message : Untuk mengirim pesan ke komputer server yang akan ditampilkan pada layar komputer.

Seperti itu kira-kira hasilnya, disini saya belum bisa mencobanya, hal ini karena Hape yang saya punyai tidak support dengan hape aplikasi yang diperlukan (maklum hape cina), tapi saya akan mencoba pake hape teman besok,,hehe ;)

OK sob, ini dulu ya yang ada dalam pikiran yang belum sempat saya praktekan,  bagi yang sudah bisa mohon komennya,,ane mau kuliah dulu,, see yaa,,,  

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Pengikut

Waktu Sholat Kebumen

Pengunjung