.::Selamat Datang Di Blog Ini..Semoga Bermanfaat::.

Pengertian Thin Client

Monday 26 March 2012

1. Apakah yang dimaksud dengan thin client itu? Jelaskan!
Thin Client adalah jaringan komputer terpusat, pemakai menggunakan komputer dengan spesifikasi minimum menjalankan aplikasi, menggunakan data dan daya komputer server.

Thin client merupakan langkah lebih lanjut di luar jaringan computer. Thin client tidak men-download kode (sistem operasi atau aplikasi) dari server namun hanya menjalankannya secara lokal. Semua kode dijalankan di server secara paralel untuk dilakukan beberapa klien. Thin client hanya berjalan pada user interface.

Thin Client dirancang untuk efisiensi dan pemanfaatan penuh kemampuan komputasi dari komputer server yang saat ini kekuatannya lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan komputasi normal dan di sisi lain menurunkan biaya pemakaian, perawatan dan investasi perangkat secara keseluruhan dibanding solusi fat client

2. Bagaimanakah cara kerja thin client itu? Jelaskan!
Konsep dasar cara kerja Thin Client Server Computing (TCSC) adalah melakukan komputasi sesuai dengan input dari sisi Thin Client dan mengirimkanhasil output berupa gambar atau display yang akan ditampilkan dimonitor client.Dengan demikian, pada sisi client tidak diperlukan kemampuan komputasi yang besar mengingat aplikasi yang diperlukan semua sudah dijalankan oleh server.


Dari thin client ke server: input keyboard dan mouse.
Dari server ke thin client: berupa gambar atau tampilan melalui monitor.
Untuk memungkinkan server melakukan proses sesuai input dari sisi client dan mengirimkan hasilnya kembali, diperlukan software Terminal Server/Aplication Server, atau sistem operasi yang sudah memiliki fasilitas tersebut.

3. Apa kelebihan dan kekurangan dari thin client? Jelaskan!
a. Keuntungan utama thin client adalah :
Kemudahan pemeliharaan dengan administrasi tunggal yang hanya dilakukan melalui server.
seperti instalasi / update aplikasi, penentuan pemakai, disk quota, sistem keamanan dan pemakai bebas menggunakan komputer mana saja, bahkan dapat diakses langsung dari Internet, jika Server terhubung ke Internet. Hal ini memberi kemudahan penggunaan thin client di luar kantor, kantor cabang, kios, tempat pelayanan tanpa memerlukan konversi aplikasi eksisting, misal dengan menggunakan Java, Web dan sebagainya.

Keuntungan kedua adalah dapat menggunakan komputer yang ada ( DOS/ Windows 31/Windows95) dengan atau tanpa hardisk

b. Kekurangan
Thin client ini terdapat kelemahan yaitu harus memiliki konektifitas jaringan yang baik karena kita melakukan interaksi secara terus menerus dengan server sehingga tidak boleh terjadi loss connection. Selain itu server harus memiliki hardware yang bagus karena secara bersamaan server akan menerima request dari client secara bersamaan dan terus menerus. 



created by :

5 comments:

kriscahya said...

HAlo, mau menanyakan mengenai thin client dipakai untuk gaming, ada beberapa produk yang sudah terintegrasi dgn vga dan proc sendiri...

apakah pada saat main game yg dipakai vga dan pro dari thin client atau dari pc host atau jg kita bisa pilih...

mohon penjelasannya

thanks

Cged Boedy said...

terima kasih kunjungannya..
untuk materi diatas sebenarnya saya hanya mencari di beberapansumber,,
konsep thin-client sekarang sudah jarang di pakai dan di manfaaatkan,,

berdasarkan petanyaan anda, saya berfikir gini
yang akan memproses kayanya server, karena semua perhitungan dan proses akan dilakukan oleh server, sementara client tinggal menampilkan saja,,,

tapi vga client tetap dibutuhkan, walau hanya sebagai penampil gambar pada layar data yang dikirimkan oleh server ke client sudah sebagai data matang,,

CMIIW (correct me if I'm wrong) :)

Ikro mullaj said...

gan apakan thin clien bis di buat untuk server microtik atau pun debian

Alexander Jamlean said...

untuk debian sy sdh coba dan berhasil

Unknown said...

Thank you very much, nice article bro .. ^ _ ^ ..
Very helpful. Continued writing your article, bro .. ^ _ ^ ..
Glad to read your article..

Post a Comment

 

Followers

Waktu Sholat Kebumen

Pengunjung